Tentang Blog!

Blog ini dibuat untuk mengumpulkan tulisan dari mahasiswa, rekan kerja, alumni, dosen, atau siapa pun yang mengenal dan punya pengalaman berkesan dengan mas Eric. Kumpulan tulisan ini akan dibukukan, untuk diberikan kepada mas Eric pada 18 Mei 2011, saat pesta perpisahan beliau. Tulisan bisa dikirimkan ke: octovary@gmail.com, paling lambat 15 Mei 2011.


Kumpulan tulisan sudah dibukukan dan diberikan ke mas Eric, sekaligus ke semua penulisnya.. Tanggapan hangat dari mas Eric juga sudah disampaikan ke semua penyumbang tulisan, bisa dilihat dari blog mas Eric di:

Contras-Effect Versi Mas Eric

#tribute-to-mas-eric-11

"Untuk dosen sekaligus ayah idaman saya, beliau tidak pernah menuntut murid-muridnya untuk patuh dan menghargai beliau. Perilaku beliaupun selalu sesuka hatinya. Tetapi justru itulah yang membuat beliau menjadi sosok dosen dan ayah yang sangat saya hormati dan idamkan."

Pertama kali gw tau dosen ini pas kelas Metode Penelitian II (Metpen II). Saat itu gw diajar mas Eric dengan sangat mengerikan, sampe-sampe gw tercengang. Apanya yang mengerikan? Ya apa lagi sih kalo bukan disampah-sampahinnya. Dengan gayanya yang khas: Duduk di atas meja, kaki diangkat tinggi-tinggi, sambil berkata: "Paper kalian semua sampah!"

Waktu itu gw mikir: "Anjrit! Gw ga mau diajar sama dia lagi. Serem chuy! Tapi emang takdir berkata lain. hahaha.. Gw malah tertarik buat ikut "Hadjatan SiMbok" yang dibuat sama beliau. Dan di sana, sekali lagi gw dibuat tercengang-cengang oleh beliau. Bukan... Kali ini bukan tercengang seperti di kelas Metpen II dulu. Kali ini gw tercengang karena: “Lho kok dia jadi baik hati dan manis begini sih omongannya??”. Kalo kata orang, contrast-effect bisa bikin terpikat. Nah, hal itulah yang sukses terjadi sama gw saat melihat si mas Eric ini. Awalnya gw pikir berhadapan sama dia gw mesti siap mental banget. Tapi nyatanya itu ga terjadi tuh. Yep! Mas Eric yang gw kenal di Hadjatan SiMbok beda banget sama mas Eric sang dosen Metpen II gw dulu. Dia adalah sosok “guru” pertama yang bisa membuat gw merasa kayak sampah, tapi tetep berguna. Sebelum-sebelumnya, guru-guru yang gw temui hanya mampu membuat gw merasa diri gw itu sampah yang ga ada gunanya.

Terlalu banyak memori berkesan tentang dia yang gw ga tau gimana harus ceritainnya. Mulai dari dia yang selalu cengengesan tiap ngeliat gw dan bikin gw mikir: "Kenapa sih lo mas ketawa-ketawa mulu??". Sampe adegan pas evaluasi dia sangat manis, sabar, dan pengertian mengurus anaknya si Aksa yang bikin gw terpesona. "Anjrit! Gw ga nyangka dosen kaya dia yang biasanya keras kok sama anaknya jadi lembut baik hati kaya hello kitty gini??". Dan saat itupun dia sukses jadi sosok “ayah” idaman gw. Bukan karena bokap asli gw ga baik ye, tapi karena menurut gw jarang banget ada seorang bapak yang mampu berkomunikasi sama anak laki-lakinya dengan lancar. Tetap tegas berwibawa, tapi sekaligus penuh kasih.

Mulai dari perkataan dia yang bilang gw ini bakat desain baju (astaga mas, bakat sih mungkin ada kali ya, tapi passion gw bukan di sana! Ga cinta gw ngedesain baju. Walaupun gw cinta melihat baju cantik! Hahaha). Sampe ke adegan curhat-curhat dia sehabis mumet entah dari mana dan bertemu siapa. Biasanya dia mulai dengan kalimat berikut: “Ah Liv! Lo ada di sini. Akhirnya gw melihat sesuatu yang cerah setelah hari gw yang buruk dari tadi.” Dan mulailah dia bercerita panjang lebar (tapi tetap menarik), karena apa yang dia bicarakan membuat gw perlahan-lahan memahami jalan pikiran dan ide-ide dia yang ajaib.

Mulai dari kebiasaan dia yang selalu penuh semangat menunjukkan ke gw bahan-bahan kain yang baru dateng, beserta ide-ide akan dijadikan apa kain tersebut. Sampe adegan dia yang selalu penuh semangat 45 fashion show kalo lagi pake baju dan celana baru hasil karya siMbok. Yep mas! Lo emang manekin berjalan ye. Terberkatilah lo karena udah dikaruniai postur tubuh yang proposional dan cukup ideal! hahahaha…

Gw juga inget momen di mana dia bilang teh buatan gw lebih enak daripada buatan Leo (padahal jelas-jelas teh itu gw bikin dengan sangat ngaco! Hahahaha). Gw jadi memikirkan sebuah pertanyaan, mas: "Lo tau kalo gw orang yang ga pede-an, dan sengaja mau bikin self-esteem gw meningkat yah?". Apapun itu, ya gw thanks banget ama lo mas. Karena lo salah satu dari sedikit orang, yang sukses mengubah gw yang tadinya ga pernah berani ngomong di depan orang banyak, jadi punya keberanian buat ngomong (walaupun masih butuh usaha keras.)

Ada juga saat di mana dia ngetawain gw bahagia, pas tau gw baru aja jadian. Sambil nyelamatin gw dengan hebohnya, dia pun berkata: "Kok lo mau si Liv?? Kan “dia” culun! hahahaha". Sumpah mas, ngakak gw ngeliat cara lo menilai para lelaki selain diri lo sendiri. Kalo ga dikatain banci, ya dikatain culun. Gw membayangkan kalo Reza nanti uda gede dan punya pacar, pacarnya bakal jiper banget kali ya sama lo? hahaha.

Gw juga inget banget lo selalu bilang gw aneh mas. Gw ga suka asep rokok tapi malah duduk manis sama lo dan anak-anak lain di siMbok. Saat kalian lagi ngerokok ya gw cuma bisa diem sambil tutup idung dan kipas-kipas berusaha napas. Itu gw lakukan karena gw suka ngedenger pembicaraan lo mas. Menurut gw banyak banget pembelajaran yang bisa gw dapetin dari cerita-cerita lo mengenai pengalaman maupun ide-ide lo. Makanya, gw tetep bela-belain ngedenger lo meskipun napas gw jadi pendek. Hahaha.

Gw juga ga bakal lupa waktu itu lo pernah ngerasa ga ngerti apa yang ada di pikiran kita-kita ini. Juga bingung kenapa tiap kali lo ngomong, kita cuma diem sambil cengengesan ga jelas. Saat itu lo sama skali no idea apa yang ada di kepala kita. Gw ga tau kalo yang lain gimana ya, tapi kalo gw pribadi, gw diem cengengesan karena gw udah ga tau lagi mau nanggepin apa. Ide lo itu terlalu brilian, sampe gw akhirnya bingung sendiri kok lo bisa mikir begitu sih? Ajarin gw dong caranya. Hahaha. Intinya, gw ngerti apa yang lo bicarain kok, gw cuma dibikin ga bisa berkomentar aja sama lo. haha..

Mas, gw masih berharap kalo lo ga akan berhenti ngajar. Gw inget perkataan lo yang bilang kalo kita-kita para mahasiswa ini jauh lebih berharga di mata lo. Dan lo juga ga akan berhenti ngajar kita-kita ini cuma gara-gara kebusukan yang ada "di atas”. Tapi, apapun keputusan lo, ya gw hargai itu mas. Sukses ya buat batik lo.

Terima kasih banget karena selama ini lo memperlakukan kami dengan baik.
Terima kasih banget atas segudang saran, nasehat, cerita, ilmu, ide, becandaan, konyol-konyolan, juga mimpi-mimpi yang uda lo bagi ke gw.

Gw pribadi akan sangat merindukan lo nantinya. Rindu mendengar dan melihat suara lo dengan cara mengajar lo yang khas.

Thanks mas... Karena udah mau berbagi banyak hal di atas ke gw.. =)


Salam,
Olivia Putri (mahasiswanya mas Eric, angkatan 2008)
*ps: Pas gw jalan-jalan ke mal, di alun-alun banyak bahan baju batik di sana ada di siMbok. Bedanya di siMbok masih berupa kain, kalo di alun-alun udah jadi baju cantik. Good luck mas! =)

No comments:

Post a Comment