Tentang Blog!

Blog ini dibuat untuk mengumpulkan tulisan dari mahasiswa, rekan kerja, alumni, dosen, atau siapa pun yang mengenal dan punya pengalaman berkesan dengan mas Eric. Kumpulan tulisan ini akan dibukukan, untuk diberikan kepada mas Eric pada 18 Mei 2011, saat pesta perpisahan beliau. Tulisan bisa dikirimkan ke: octovary@gmail.com, paling lambat 15 Mei 2011.


Kumpulan tulisan sudah dibukukan dan diberikan ke mas Eric, sekaligus ke semua penulisnya.. Tanggapan hangat dari mas Eric juga sudah disampaikan ke semua penyumbang tulisan, bisa dilihat dari blog mas Eric di:

Baginya Kami Itu Manusia, Bukan Sekedar Mahasiswa

#tribute-to-mas-eric-13

Saya tidak bisa berkata banyak mengenai mas Eric, karena saya tidak mengenalnya dengan dekat sebagai seorang manusia. Saya hanya mengenal mas Eric sebagai dosen saya, yang oleh sebagian besar mahasiswa angkatan saya dianggap sebagai dosen yang absurd, abstrak, dan tidak masuk akal segala rupa ucapannya.

Padahal, bagi saya mas Eric adalah salah satu dosen yang pembicaraannya di kelas paling membumi dan manusiawi. Beliau berbicara kepada kami sebagai manusia, bukan sekedar mahasiswa. Maka kami pun belajar darinya untuk tidak sekedar menjadi mahasiswa, tapi juga menjadi manusia yang merdeka: merdeka dalam pikiran, dan merdeka dalam jiwa. Kemerdekaan yang seringkali berusaha ditekan dan dimatikan oleh berbagai wajah peradaban.

Tanpa mas Eric ketahui, inginkan, atau bahkan mungkin sadari, beliau telah menyentuh dan mengubah kehidupan banyak orang –dalam hal ini mahasiswa- yang cukup beruntung mendapatkan kesempatan bersentuhan dengannya, entah sebagai dosen, pembimbing skripsi, ataupun rekan kerja. Saya rasa kami semua berutang terima kasih yang tulus kepada mas Eric, yang sudah bersedia menjadi rekan seperjalanan bagi kami, jiwa-jiwa yang terperangkap dalam derasnya arus kehidupan masa kini yang serba instan, praktis, dan tidak manusiawi.

Tanpa mas Eric, mungkin banyak dari kami yang tidak akan mendapatkan inspirasi dan pencerahan akibat ucapan atau tindakan beliau yang seringkali mengejutkan sekaligus tak terduga, namun berisi pesan yang amat kuat dan mendalam.

Kemanapun kehidupan membawa mas Eric selanjutnya, saya berharap semoga beliau selalu dapat membawa kebaikan, baik melalui ucapan maupun tindakannya. Dan semoga kami-kami yang bukan siapa-siapa ini juga dapat membawa kebaikan, tidak hanya kepada diri kami sendiri namun juga kepada orang lain. Sebagaimana yang telah mas Eric lakukan, dengan membawa begitu banyak kebaikan kepada kami.



Salam,
Zaldi Hamdani (mahasiswanya mas Eric, angkatan 2004)

No comments:

Post a Comment